Thursday, March 18, 2010

Klasifikasi Teknologi Informasi Menurut Fungsi Sistem

Berdasarkan fungsinya komputer dibagi menjadi dua kategori, komputer dengan tujuan khusus (special purpose computer) dan komputer dengan tujuan umum (general purpose computer).

special purpose computer.
Komputer jenis ini dibuat untuk pengolahan data yang spesifik, misalnya accounting, dalam suatu kegiatan bisnis. Jadi, komputer ini tidak dapat digunakan untuk memecahkan permasalahan lain.
Special purpose computer berarti komputer untuk keperluan khusus. Komputer ini dirancang hanya untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Perangkat yang ada pada komputer ini, baik komponen input, output, pemroses serta softwarenya telah dirancang untuk keperluan tersebut. Biasanya software yang mengendalikan proses sudah berada langsung pada sistem. Contoh dari Special Purpose Computer ini adalah komputer yang digunakan untuk kasir pada supermarket.


general purpose computer
Komputer jenis ini dibuat untuk keperluan secara umum,sehingga komputer tersebut dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan usernya,contoh dari general purpose computer adalah seperti game,grafis,office,multemedia,Dll
yang termasuk dalam komputer jenis general purpose computer adalah komputer yang digunakan di rumah,kantor,warnet,Dll tetapi untuk umum.

No comments:

Template by : mhiman@ hacker-newbie.org