Monday, October 18, 2010

Acer Veriton N260G

 

Netbook  yang kini tengah booming menunjukkan meningkatnya pasar komputasi mobile yang memang dibutuhkan konsumen modern saat ini.
Namun komputasi ringan berbasis prosesor Intel Atom nyatanya juga cocok bagi aktivitas yang tak memerlukan pengolahan komputasi tinggi.
Di sinilah peran nettop sebagai komputer mungil. Di antara sekian banyak model nettop yang sudah meluncur ke pasaran, terdapat Veriton N260G dari Acer ini.
Hadir dalam ciri khas yang gaya, penampilan Veriton N260G memang memikat dengan desain wajik yang tidak monoton. Bentuknya yang nyaris seukuran netbook ini memang unik dibandingkan nettop konvensional lainnya.
Sebagai penyangga, Acer menyertakan kaki dudukan tersendiri yang bisa dilepas-pasang dengan mudah plus sebuah bracket jepit agar nettop dapat ditempelkan ke monitor LCD. Desain fisik ini kami anggap merupakan sebuah nilai plus tersendiri.
Seperti juga netbook, Veriton menyediakan fasilitas umum mulai dari koneksi untuk jaringan, pembaca kartu memori, hingga port D-sub untuk koneksi ke monitor. Bagusnya, jumlah port USB pada nettop ini terbilang lebih banyak (6 buah) dibandingkan netbook kebanyakan.
Veriton N260G juga dilengkapi dengan mouse dan keyboard berbasis USB. Jika ingin, Anda juga bisa menggunakan mouse-keyboard lain via port PS/2 karena nettop ini masih menyediakan port tersebut. .
Dengan ketebalan tak lebih dari 4cm dan bobot hanya 800-an gram, Veriton N260G jelas sangat ringkas untuk diletakkan di atas meja kerja. Sayangnya diperlukan pembaca keping CD/DVD eksternal jika Anda harus mengakses data dari keping cakram. Satu hal yang bagus adalah ketersediaan port HDMI di nettop ini untuk koneksi ke monitor atau LCD TV.
***
Berbekal prosesor Atom N280 dan memori 1 GB, Veriton N260G memang lebih cocok untuk menjalankan aktivitas komputasi ringan seperti office, Internet, hingga multimedia standar yang tidak berat. Biasanya kantor paling cocok memakai nettop seperti ini.
Apalagi dimensinya yang terbilang mungil dibandingkan PC desktop akan sangat memudahkan penempatannya. Pada tubuh nettop, juga tersedia lubang kunci Kensington agar si mungil ini tak bisa dicuri akibat ukurannya yang mudah disembunyikan tersebut.
(Deny Prasetyo)

Hasil Pengujian
Meski mengusung spesifikasi yang serupa, terdapat perbedaan pada kinerja aktivitas office dan multimedia. Kali ini, nettop Qbox PC-1000 dari Quanmax menjadi rival Acer Veriton. Terlihat Veriton sedikit kalah gegas. Namun, skor olah grafis Veriton setidaknya mencapai angka 4x lipat skor Quanmax. Tetap saja keduanya kami anggap sepadan karena karakteristik nettop berbasis Atom memang setara.
Pengujian
Acer Veriton N260G
Quanmax Qbox PC-1000
Sysmark 2007
34
40
PCMark Vantage
1306
1630
3DMark 2006
320
77
Cinebench
864
849
Encoding Video
1 jam 21 menit
51 menit 57 detik
Encoding Audio
9 menit 30 detik
9 menit 36 detik

Spesifikasi Acaer Veriton N260G
Prosesor
 Intel Atom N280  (1,6 GHz, L2 cache 512 KB, FSB 667 MHz)
RAM
 1 GB, DDR2 667 MHz
Chipset
 Intel GL40
Kartu Grafis
 Intel GMA 4500M
Harddisk
 160 GB SATA II
Optical drive
 Tidak ada
Fasilitas
 LAN, USB (6), PS/2, audio, D-sub, HDMI, card reader
Layar/Monitor
 Tidak ada
Kartu suara
 Realtek ALC662
Sistem Operasi
 Windows Vista Business
Dimensi
 19,2x19,2x3,6 cm
Bobot
 814 g
Garansi
 1 tahun
Situs Web
Harga kisaran*
 -   (termasuk keyboard dan mouse)
* Acer Indonesia, (021) 345-5521
* Minggu pertama Maret 2010



Lubang recovery  Acer menyediakan langkah pemulihan sistem (recovery) yang mudah. Pengguna cukup menekan tombol di lubang panel depan ini untuk melakukan pemulihan sistem.


Penyangga

Selain memberikan penyangga untuk didudukkan secara vertikal, perangkat ini juga menyediakan bracket standar VESA untuk pemasangan di belakang monitor LCD.



 


Koneksi Input-output Kelengkapan koneksi yang ditawarkan mirip dengan desktop meskipun terbilang terbatas. Dalam hal ini, Veriton N260G sudah pula menyediakan port HDMI.



Plus     : Desain ramping, ringan dan gaya; hemat daya; port USB banyak; ada koneksi HDMI.
Minus : Sulit di-upgrade; kinerja grafis 3D minim.
Skor Penilaian
  • Kinerja                : 3,5
  • Fasilitas             : 4
  • Penggunaan     : 4,5
  • Harga                 : -
  • Skor Total          : -

No comments:

Template by : mhiman@ hacker-newbie.org